tag:blogger.com,1999:blog-26129280020049504102024-02-07T05:53:35.407-08:00Ipmawati Ipeh BengkuluIpeh El-FishyIpeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.comBlogger9125tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-85970063639387791362013-02-07T21:24:00.002-08:002013-02-07T21:24:56.359-08:00Puisi-Puisi IBU<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<br /></div>
Ibu,
ingin kusajakkan senyummu,
seraya kupilih dan kupilah ribuan kata,
tetapi tak jua bisa kurangkai kalimat,
yang paling senonoh untukmu.
Biarlah puisi untukmu tetap kupingit di hati,
jika berkenan,
baca saja rangkaian prosa pada raut wajahku,
karena aku tak pernah memakai cadar dihadapanmu,
tangisku adalah tangisku dan tawaku adalah tawaku.
Aku mengenal kasihmu dengan sendiriku,
tanpa ada yang mengajari,
tanpa pula referensi,
dan karenamu juga aku bisa mengenal rindu,
yang kuyakini hingga riwayatku ditelan bumi.
Ibu,
aku tahu kita mencintai kesahajaan,
kita membenci kemunafikan,
maka untuk apa kututup rapat aurat tabiatku,
jika hanya untuk menyenangkanmu.
<b>AKU INGIN MENCIUMU SETIAP HARI IBU</b>
Ibu,
boleh kan aku merayu?
aku ingin berbaring di pangkuanmu,
mengadu tentang hari-hari lelahku,
tentang keras dunia,
yang tak seteduh kasihmu,
dan ingin kupertanyakan,
mengapa di luar sana,
tak pernah kutemukan keikhlasan,
seperti keikhlasanmu padaku.
Ibu,
Belailah rambutku,
pijatlah lenganku,
usaplah dahiku,
aku ingin membasahi pangkuanmu,
dengan air mataku,
dengan keringat dinginku,
dan ninabobokan aku,
bacakan kisah-kisah tentang indahnya surga,
hingga aku terlelap.
Ibu,
Ibuku sayang,
acap kali kulihat,
orang-orang hanya sempat mencium ibunya,
sekali saja,
saat jasad ibunya hendak dikebumikan,
sungguh,
aku tak ingin seperti itu,
maka ijinkan aku,
untuk menciummu setiap hari.
CERITA BUNDA
Bunda,
tahukah kau apa yang kutunggu?
katakanlah,
akulah tokoh dalam dongengmu,
ksatria yang kau puji,
bersenjatakan nurani,
yang menepati janjinya pada bumi.
Mengenai perahu yang tak kunjung menepi,
pantaskah untuk dinanti?
biarkan dia menjemput nasibnya,
serupa dengan retaknya tanah kering,
serta merta akan menutup kembali,
oleh deru hujan,
sahabatnya sang petir.
Bunda,
Malin Kundang telah menjadi batu,
akankah usai ceritamu?
Lalu bagaimana dengan harapanku,
untuk membangun istana berdinding salju,
yang menyejukkan hati semua manusia,
seperti di negeri dalam dongengmu.
ASAL IBU SENANG
Khusuk hening dalam tahajjudmu,
tertengadah dan merunduk dalam keihlasan,
menghiasi malammu yang sepi merajuk,
tiada beban yang melingkar di pundakmu,
semua kau luruhkan untukku,
anakmu.
Ibu, walau di matamu,
selamanya aku adalah ranting kecil,
yang kau khawatirkan patah ditiup angin,
dan kau cemaskan akan rapuh dan lemahku,
tapi sesungguhnya aku ingin merindang,
melindungimu dari sedih nestapa.
Andai aku dipanggilNya lebih dulu,
aku ingin selalu datang ke bumi setiap malam,
bergayut di sayap malaikat pembawa rahmat,
yang menjinjing seribu salam indah dari surga,
untukmu,
ketika air matamu menetes di atas sajadah.
Aku ingin berlebihan di hadapanmu,
untuk menutup kekuranganku,
walau harus kupaksakan,
tapi tak apalah,
asal Ibu senang,
karena kesenangamu adalah nyawaku
KASUR KAPUK
Mak, aku pulang,
seperti biasa,
tolong siapkan air hangat di tungku,
buat aku mandi malam ini.
Kulihat kasur kapuk itu mulai lapuk,
dua warnanya berubah menjadi tiga,
oleh bocoran atap yang tak rapat.
Biarlah esok aku yang menambalnya.
Mak, harusnya kau tak lagi bekerja,
menguras tenaga untuk bisa belanja,
biarlah kupikul kayu bakar itu,
agar punggungmu tak lagi membiru.
Mak, kalaulah aku menagis,
tangisku itu hanya untukmu,
kalaulah aku meratap,
jangan pernah kau menatap.
Mak, aku malu jadi anakmu.
setiap saat melihat dukamu,
tapi tak pernah kudengar rintihmu,
walau nestapa enggan beranjak darimu.
Ipeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-90820315753023440112010-06-05T00:53:00.001-07:002010-06-05T00:53:25.684-07:00Rihlah Dakwah PDMDian mentari,sonsong muktamar satu abad Muhammadiyah, majlis Tablligh dan Dakwah Khusus (MTDK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bengkulu menggelar Rihlah dakwah di kampus II Lingkat Timur.Acara Berlangsung dari tanggal 28-29 mei 2010 dan di hadiri oleh seluruh Organisasi Otonom Muhammadiyah(Ortom) tingkat Daerah antara lain: Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA),pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah(PDPM), pimpinan cabang ikatan Mahsisawa Muhammadiyah (PC IMM), Pimpinan Daerah ikatan pelajar Muhammadiyah(PD IPM), Tapak suci Putra Muhammadiyah dan Hisbul wathon, serta pimpinan ranting muhammadiyah dan guru-guru di kawasan sekolah Muhammadiyah se-kota Bengkulu.<br />
Menurut ketua Panitia Ust.Driyanto, memasuki usianya yang tidak muda lagi Muhammadiyah harus terus melakukan perbaikan di berbagai sector.Muktamar adalah moment terbesar keluarga besar Muhammadiysh yang di adakan lima tahun sekali.Dan kali ini adalah moment yang paling di tunggu oleh semua warga muhammadiyah , tidak menunggu intruksipun semua warga muhammadiyah akan berbondong-bondong menuju arena muktamar untuk menyemarakan muktamar kali ini.<br />
Hadir sebagai pemateri,Mahli Zainudin Togo dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yang menyampaikan meteri tentang Muhammadiyah masa awal, muhammadiyah masa akhir dan organisasi dalam Muhammadiyah, beliau menyimpulkan memasuki usia yang ke satu abad muhammadiyah telah banyak memberikan kontribusi kepada Negara ini, namun jangan mudah puas dengan segala yang telah di capai karena itu akan membuat kita lengah dan akhirnya menjadi organisasi yang kehilangan sayap”tuturnya.Sementara itu pemateri ke-2 Drs.H.Anhar Anshori,M.Si (kep.Lembaga Studi Islam Universitas Ahmad Dahlan )Jogja, Dan menyampaikan materi tentang Faham Agama islam ,idiologi Muhyammadiyah,Manhaj tarjih Muhammadiyah.(ipeh)Ipeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com6tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-77762741203085962742010-06-05T00:33:00.001-07:002010-06-05T00:33:57.664-07:00PWM Louching Buku ke-2Intelektualita, sebagai kado Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu(PWM) sehubungan dengan Milad(ulang tahun) Muhammadiyah yang ke satu abad, yang sebentar lagi akan menggelar moment besar Mukatamar satu abad muhammadiyah di tempat kelahiranya jogja pada tgl 3-8 juli 2010 ini, PWM akan segera Louching Buku ke dua yang berjudul “Teologi Rasional tajdid dan dakwah Muhammadiyah”………<br />
Sebelumnya telah di terbit buku yang pertama dengan judul “Tokoh Bengkulu tentang satu abad Muhammadiyah” yang di louching oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah(PP) Prof.Dr.H.Malik Fajar,M.Sc bersamaan dengan peresmian gedung Dakwah Muhammadiyah di kampus dua Lingkar Timur 27 maret lalu. Dan akan segera menyusul buku yang ketiga dengan judul”Globalisasi dan Ukhuwah Muhammadiyah”<br />
Menurut editor buku H.Syaifullah buku ini di persipakan melalui tahapan pengumpulan naskah, editing, layout, upaya untuk mendapatkan ISBN dari perpustakaan nasional, kemusdian tahap percetakan dan distribusi hingga ke tangan pembaca.<br />
Sungguhpun menejemen sedikit berbeda dengan buku yang pertama, buku ini relatif singkat, karena setelah sukses dengan penerbitan buku pertama di harapkan mampu memberikan inspirasi dan motivasi para aktivis untuk membuat dan menyerahkan naskah.<br />
Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu,Drs.Khairil.M.Pd mengatakan buku satu abad muhammadiyang yang di pelopori oleh PWM Bengkulu ini sangat bagus, untuk mengekspresikan dan merefleksikan gerakan menulis, namun beliau menyayangkan karena belum bisa menulis di buku tersebut karena waktu dan kesibukan, ”insyaallah di buku yang ke tiga saya akan menulis,” tuturnya di saat di temui di ruang kerjanya. (ipeh)Ipeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-62876764071453858112010-06-05T00:32:00.001-07:002010-06-05T00:32:26.883-07:00UMB Brother, Juarai Dekan CupIntelektualita, Untuk pertama kalinya Bem FKIP UMB menggelar tournament Futsal Dekan Cup.Pertandingan yang berlangsung dari tanggal 2-6 juni 2010 ini di pusatkan di lapangan futsal kampus satu UMB, dan di ikuti oleh 40 team futsal dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah se-kota Bengkulu. Tournament di buka secara simbolis langsung oleh Dekan FKIP UMB,Drs.Mardan,M.Pd, dengan penyerahan bola kepada wasit kemudian di lanjutkan dengan penendangan bola ke gawang.<br />
Sebelumnya beliau mengatakan bahwa tournament futsal dekan Cup 1 ini akan berkelanjutan,”semoga saja UMB masih kondusif maka, tournament futsal ini akan terus di adakan setiap tahunya seperti halnya Tournament Rector Cup” tuturnya. Sementara itu, Rektor UMB ,Drs.Khairil,M.Pd menjelaskan melalui kegiatan ini maka di harapkan akan muncul pemain-pemain futsal yang professional dan sportif yang mampu bersaing di tingkat nasional.<br />
<br />
Penyandang juara Rektor Cup ke-3,team futsal Umb Brother berhasil keluar menjadi juara Dekan Cup 1,setelah menjalani lima pertandingan , pada laga pertama UMB Brother menang WO atas UMB Famlly.Selanjutnya Tim yang di komandoi oleh Bonek ini berhasil menekuk Bem UMB dengan skor fantastis 13-3, dan mempencundangi tim futsal Nurul Iman Al-Muqaromah dengan skor tipis 3-1 .Di partai final Bonek dkk bertemu tim tamu PGSD UNIB ,pertandingan di saksikan oleh Rector UMB Drs.Khairil,M.Pd, Pembantu Rektor III, Hernadianto,SE,M.Si,AKt dan pembantu dekan III FKIP UMB, Drs.Santosso,M.Pd.<br />
Pertandingan memperebutkan tempat pertama ini berlangsung alot saat skor imbang 4-4, di menit akhir febri dari UMB Brother berhasil menyarangkan bola ke gawang PGSD, UMB Brother 5-4.Skor tidak berubah hingga pertandingan usai.Menyusul juara II di sabet PGSD46,Juara III HIMABES(Himpunan Mahasisawa Bengkulu), dan juara IV tim futsal dari UMB teknil 8A. Di samping piala bergilir para pemenang juga mendapat uang pembinaan, juara I Rp.750rb,juara II Rp.500rb, juara III 300rb dan juara IV 150rb.<br />
Pembantu dekan III FKIP UMB mengatakan waktu menutup acara, semua yang bermain pada kopetisi ini adalah pemenang, gelar juara I,II ,III,IV itu hanya sebagai symbol, maka di harapkan para peserta tidak untuk berpuas diri dalam mencapai presatai(ipeh)Ipeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-19844149250105168542010-01-18T18:19:00.000-08:002010-01-18T18:19:48.711-08:00Materi FORTASI 2009 Ke-IPM-an“Generasi Pelajar Damai”<br />
Jaga Perdamaian, Stop Kekerasan<br />
<br />
A. Tentang Sejarah<br />
Berdiri dengan nama Ikatan Pelajar Muhammadiyah pada 18 Juli 1961 M bertepatan dengan 5 Shafar 1381 H karena 1) kesadaran kolektif di internal Muhammadiyah, bahwa sekolah-sekolah Muhammadiyah yang pada saat itu sudah berkembang perlu dibentengi ideologi Islam agar akidah mereka kuat atas berkembangnya ideologi komunis pada saat itu ; 2) sebuah keharusan bagi Muhammadiyah untuk menanamkan nilai-nilai ideologi perjuangan Muhammadiyah kepada kader-kader yang kebetulan saat itu Muhammadiyah telah memiliki lembaga-lembaga pendidikan (sekolah). Karena itu perlu organisasi Muhammadiyah sayap pelajar yang nantinya konsen pada persoalan-persoalan pelajar dan dunianya .<br />
Seiring berjalannya waktu, pada masa kepemimpinan M. Jamaluddin Ahmad, tepatnya pada tanggal 18 November 1992 M / 22 Jummadil Awwal 1413 H Ikatan Pelajar Muhammadiyah berubah nama menjadi Ikatan Remaja Muhammadiyah. Perubahan ini dikarenakan 1) keberadaan remaja sebagai kader persyarikatan, umat dan bangsa selama ini belum mendapat perhatian sepenuhnya dari persyarikatan Muhammadiyah; 2) perlunya pengembangan jangkauan IPM; 3) adanya kebijakan pemerintah RI tentang tidak diperbolehkannya penggunaan kata “Pelajar” untuk organisasi berskala nasional.<br />
Namun, begitu indahnya perubahan itu hingga akhirnya Ikatan Remaja Muhammadiyah berubah nama lagi menjadi Ikatan Pelajar Muhammadiyah, yang mana sesuai dengan SK Nomenklatur Tahun 2007 dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang pergantian nama tersebut. Maka pada Muktamar ke XVI di Solo tepatnya tanggal 28 Oktober 2008 disahkanlah secara nama Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Pada periode ini IPM dipimpin oleh Deni Wahyudi Kurniawan.<br />
<br />
B. Tujuan IPM<br />
“Terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlak mulia, dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”.<br />
Itulah maksud dan tujuan IPM. Oleh karena itu, IPM harus benar-benar menyentuh kondisi riil basis masanya yaitu pelajar. Demi tercapainya tujuan mulia di atas dan terciptanya Generasi Pelajar Damai.<br />
<br />
C. Struktur Organisasi IPM<br />
Struktur Pimpinan IPM adalah sebagai berikut:<br />
• Pimpinan Pusat<br />
• Pimpinan Wilayah<br />
• Pimpinan Daerah<br />
• Pimpinan Cabang<br />
• Pimpinan Ranting<br />
Sedangkan struktur kepengurusan Ikatan Pelajar Muhammadiyah bersifat desentralisasi dan kolektif-koligeal. Artinya, bahwa posisi ketua dan sekretaris tidak hanya dimiliki oleh satu orang, tetapi masing-masing bidang juga berhak memiliki posisi tersebut. Berikut ini adalah strukturnya.(contoh adalah Pimpinan Pusat IPM) :<br />
KETUA Umum <br />
KETUA (Organisasi) <br />
KETUA (Perkaderan) <br />
KETUA (Kajian dan Dakwah Islam) <br />
KETUA (Pengkajian Ilmu Pengetahuan) <br />
KETUA (Apresiasi Seni, Budaya, dan Olahraga) <br />
KETUA (Advokasi) <br />
KETUA (Hubungan Luar Negeri dan Antar Lembaga) <br />
KETUA (Ipmawati) <br />
SEKRETARIS Jenderal <br />
SEKRETARIS (Organisasi) <br />
SEKRETARIS (Perkaderan) <br />
SEKRETARIS (Kajian dan Dakwah Islam) <br />
SEKRETARIS (Pengkajian Ilmu Pengetahuan) <br />
SEKRETARIS (Apresiasi Seni, Budaya, dan Olahraga) <br />
SEKRETARIS (Advokasi) <br />
SEKRETARIS (Hubungan Antar Lembaga) <br />
SEKRETARIS (Ipmawati) <br />
BENDAHARA Umum <br />
Bendahara <br />
Bendahara <br />
ANGGOTA Bidang <br />
Anggota Bidang Organisasi <br />
Anggota Bidang Perkaderan <br />
Anggota Bidang Kajian dan Dakwah Islam <br />
Anggota Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan <br />
Anggota Bidang Apresiasi Seni, Budaya, dan Olahraga <br />
Anggota Bidang Advokasi <br />
Anggota Bidang Hubungan Antar Lembaga <br />
Anggota Bidang Ipmawati<br />
<br />
KETERANGAN: <br />
1. Struktur IPM bersifat desentralisasi. Artinya, setelah posisi Ketua Umum dan Sekretaris Umum tidak ada Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris, tetapi langsung Ketua dan sekretaris bidang yang bekerja sesuai dengan job bidangnya masing-masing. <br />
2. Jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) khusus untuk Pimpinan Pusat IPM. <br />
3. Untuk Bidang Organisasi hanya ada pada struktur PP, PW, dan PD IPM. Sedangkan di tingkat PR dan PC IPM tidak ada. <br />
4. Bidang Kewirausahaan hanya ada di struktur Ranting (PR IPM). Sedangkan untuk struktur di atasnya bisa dilakukan atas koordinasi tim bendahara dengan cara membentuk Lembaga Kewirausahaan/ekonomi yang langsung di bawah koordinasi tim bendahara. Untuk koordinasi Bidang Kewirausahaan Ranting dengan struktur atas, langsung ke bidang keuangan (tim bendahara). <br />
5. Sesuai dengan ART IPM, bidang wajib yang ada di struktur Ranting adalah Bidang Perkaderan, SDI, dan PIP. <br />
<br />
D. Agenda Aksi <br />
Ikatan Pelajar Muhammadiyah mempunyai beberapa agenda aksi yang nantinya bisa membuat IPM benar-benar bergerak pada kondisi riil basis masanya. Berikut adalah daftar agenda aksi IPM:<br />
1. Pengajian Islam Rutin (PIR)<br />
Pengajian Islam Rutin atau disingkat PIR merupakan kegiatan rutin tentang dunia Islam dan yang terkait dengannya yang diadakan oleh pengurus IPM Ranting. Kegiatan ini diadakan sebagai penguatan nilai-nilai keislaman yang berwawasan rahmatan lil alamin di kalangan pelajar.<br />
Waktu kegiatan bisa diadakan setiap seminggu atau dua minggu sekali. Semua tergantung kesepakatan dan dimusyawarahkan terlebih dahulu oleh PR IPM setempat. Untuk tempat bisa diadakan di sekolah, di rumah salah satu guru (secara bergiliran), atau di rumah salah satu siswa dengan jadwal yang sudah fiks.<br />
2. Sekolah Kader<br />
Sekolah Kader merupakan suatu proses pendidikan yang disusun secara terpadu meliputi penyadaran, pemberdayaan, dan pembelaan terhadap kader IPM. Kegiatan ini berlangsung dalam jangka waktu tertentu setelah perkaderan formal tingkat muda (TM II). Untuk alumni TM III dan TM Utama tidak ada karena, diharapkan langsung mampu berkiprah dalam kancah yang lebih luas. Alasan lain adalah, karena letak geografis yang cukup luas sehingga bisa mengakibatkan ketidakefektifan kegiatan. Selain itu, jika alumni TM I dan TM II masih “dipikirkan”, maka alumni TM III dan TM Utama harus sudah “memikirkan”. Karena itulah, alumni TM III dan TM Utama tidak ada sekolah kader. <br />
3. Gerakan Iqra<br />
Berikut adalah bentuk aksi dari “Gerakan Iqra”:<br />
a. Pembiasaan membaca sebagai aktivitas wajib bagi setiap kader. <br />
b. Kajian regular sebagai ruang tukar-menukar pengetahuan dari buku yang telah dibaca, yang dituangkan dalam tulisan.<br />
c. Melakukan arisan tulisan terhadap tema-tema yang telah ditetapkan. <br />
d. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk merangsang motivasi kader dalam hal tulis-baca seperti, pelatihan jurnalistik, pelatihan menulis cerpen/novel, kursus bahasa asing, pelatihan debat, pelatihan metode penelitian dan lain sebagainya.<br />
e. Menciptakan aktifitas aplikatif untuk menyalurkan kemampuan dan ketrampilan dari hasil pelatihan atau baca-tulis kader, dengan mengikutserta-kan kader dalam setiap lomba penulisan karya tulis ilmiah, popular, lomba cerpen atau dalam agenda lomba debat konstruktif antar pelajar. <br />
f. Menciptakan komunitas kreatif untuk mengaktualisasikan potensi kader seperti kelompok-kelompok ilmiah pelajar (KIP), Kelompok pecinta Cerpen (KPC), Kelompok pecinta puisi/sastra dan sebagainya. <br />
g. Mengadakan forum dialog publik untuk merangsang pengetahuan kader dan sebagai upaya melakukan tranformasi pengetahuan terhadap publik. <br />
h. Melakukan aktifitas rekreatif dengan mengajak kader ke tempat-tempat yang benuansa imajinatif, terkesan santai tapi serius, seperti berkunjung ke pusat-pusat perbukuan, silaturahmi tokoh, silaturahmi dengan pusat studi tertentu, membangun komunikasi aktif dengan gerakan pelajar lainnya, dan berkunjung ke masyarakat miskin kota, serta tadabur alam sebagai wahana membaca ayat ayat kauniyah.<br />
i. Mengadakan English Training Center (ETC)<br />
4. Gerakan Budaya Tanding<br />
Berikut adalah bentuk aksi dari “Gerakan Budaya Tanding”<br />
a. Kajian reguler sebagai ruang tukar-menukar pengetahuan tentang budaya pop yang menjadi trend setter pelajar.<br />
b. Buy Nothing Day adalah hari dimana kita (anak IPM) dituntut untuk tidak mengkonsumsi/membelanjakan uang untuk komoditas-komoditas yang tidak menentukan hajat hidup kita. Kampanye ini digagas di Kanada dan secara luas telah dilaksanakan di berbagai negara dengan waktu pelaksanaan yang berbeda. <br />
c. A Week Without TV. Tidak ada yang meragukan bahwa media televisi (TV) telah mengantarkan nilai-nilai kekerasan, pornografi, konsumerisme dsb, kedalam ruang-ruang privat kita. Kampanye ini dilaksanakan untuk melawan berbagai bentuk kejahatan media. Secara sadar kita memutuskan tidak menonton TV dalam seminggu agar ada interval untuk membersihkan isi kepala kita dari nilai-nilai negatif yang disebarluaskan TV.<br />
1) Menggagas dan memassifkan gerakan-gerakan anti budaya pop dan Kapitalisme Global ala IPM. Misal Kampanye Anti Nonton Sinetron, Kampanye Limitasi Konsumsi Pulsa HP, Kampanye Anti Restoran Fastfood (McD, KFC), Kampanye Anti Coca Cola, Pepsi, Fanta, dll, Sehari Tanpa Rokok. <br />
2) Menciptakan berbagai artefak-artefak yang menyampaikan pesan-pesan perlawanan (baju kaos, sticker, poster, topi, banner, pembatas buku, dsb).<br />
3) Memunculkan penulis-penulis komik Islami sebagai counter atas penulis-penulis komik porno. <br />
4) Stop belanja di Mall! <br />
5) Menempatkan kader-kader IPM pada ruang-ruang budaya yang ada.<br />
5. Gerakan Kewirausahaan<br />
Berikut adalah bentuk aksi dari “Gerakan Kewirausahaan”:<br />
a. Terbentuknya unit-unit usaha mandiri yang bisa membantu keuangan pimpinan pada setiap levelnya, seperti: koperasi pelajar, bimbel (bimbingan belajar)<br />
b. Terciptanya kelompok-kelompok usaha perorangan yang dikelola secara mandiri dan dimonitoring oleh lembaga usaha pelajar <br />
c. Membangun jejaring IPM dengan lembaga-lembaga lain yang tidak mengikat<br />
d. Mengadakan pelatihan-pelatihan enterprenership<br />
6. Gerakan Advokasi Pelajar (GAP)<br />
Berikut adalah bentuk aksi dari “Gerakan Advokasi Pelajar”:<br />
a. Pembentukan kelompok diskusi yang bertemakan hak-hak pelajar<br />
b. Pembentukan komunitas pelajar di Ranting yang fokus pada advokasi pelajar.<br />
c. Sekolah Advokasi <br />
d. Merespon persoalan-persoalan pelajar baik di media maupun di internal IPM sendiri, seperti persoalan IPM dengan pihak sekolah<br />
<br />
E. What should IPM do?<br />
1. Pembelaan terhadap pelajar.<br />
2. Mengadakan kegiatan yang bermanfaat untuk pelajar.<br />
3. Mengembangkan potensi pelajar.<br />
4. Melakukan pendampingan pelajar.<br />
5. Berusaha menjadi problem solver permasalahan pelajar.<br />
F. What benefit for us? If sit in organization board?<br />
1. Pengalaman berorganisasi.<br />
2. Memiliki jaringan atau teman yang bertaraf nasional.<br />
3. Melatih kepemimpinan dan manajemen.<br />
4. Bisa mengikuti berbagai pelatihan.<br />
G. Testimonial<br />
"IPM mengajarkan saya keberanian bertutur dan kekuatan bertafakur.." (runi)<br />
<br />
“IPM membuatku berwarna dalam melihat sesuatu..kini, mataku tidak lagi hanya bisa melihat hitam dan putih, ada merah, kuning, hijau,jingga, ungu, biru....dan lainnya...oh...indah bukan hidup ini?coba lihat dan rasakan....selamat mencoba hidup di IPM...” (ariati)<br />
<br />
“d ipm aku ketemu bnyk manusia dgn banyak rupa.... d ipm ak ketemu teman2 yg tak terlupakan....dr yg tua..seumur..sampe muda.... d ipm aku mengerti..ak ternyata anak bawang merah diantara para bawang b0mbay....[opo kuwi maksude] d ipm aku belajar berkawan...dengan siapa saja tanpa melihat,krn ky kt ari..d dunia bkn cuma ada hitam dan putih.....tdk ada kebenaran selain kebenaran itu sendiri....jd aku belajar untuk tdk menilai dan menghakimi org lain krn ternyata aku g suka dinilai dan dihakimi..... ada bnyk rasa yg tak terungkap dr sekedar tulisan......mau tau??rasakan lah......” (likha)<br />
<br />
"IPM telah mengajarkanku bagaiaman untuk hidup tidak serbah patah semangat. Di IPM aku diajarkan untuk selalu melawan kemapanan. Tidak ada kata untuk menyerah di IPM. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi hari esok." (ridho)<br />
<br />
“bagiku, IRM mengajarkan tentang arti Ikhlas, persahabatan, kasih sayang dan pengabdian..kita tahu kan, tempaan di IRM itu mengharuskan kita untuk meraih kebaikan bukan dalam beribadah saja akan tetapi dlm belajar dan organisasi.<br />
tidak baanyaak anak2 muda yang "memanfaatkan" waktunya dengan optimal, padahal justru masa muda itulah waktu yang tepat untuk menempa semangat, ketangguhan da ke ikhlasan kita dalam mengahadapi apapun. sehinggga kelak bisa menjadi seorang pemimpin yang mampu menjadi panutan dan juga tauladan.” (arie Paksi)<br />
<br />
“IPM telah memberi saya bekal hidup......” (RIdwan Furqani)<br />
<br />
“Manfaat IPM bagi saya sangat besar. Di IPM saya banyak belajar tentang kepemimpinan,kesabaran, keuletan, manajemen waktu, dan lain sebagainya. Intinya, IPM telah membawa saya dalam kesuksesan hidup. Dan sampai saat ini, saya belum pernah menemukan mantan aktivis IPM yang tidak sukses dalam kehidupannya, semuanya sukses!”<br />
itu mas taufikurrahman, agung danarto, khoiruddin bashori, haedar nashir, arif jamali muis, rajajuli antoni, moh. mudzakkir, akeh tenan kui... <br />
pirang2 tinggal milih sak bosenmuIpeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-54201772638011207322010-01-08T01:46:00.000-08:002010-01-08T01:46:14.665-08:00Aksi Tolak UN IPM Bengkulu.5 januari 2010Bengkulu,i2c.aksi segelintir akitivis yang membawa berbagai atribut ormas,memakaii seragam kuning orange dan mulai berteriak "tolak UN sekarang juga"menjadi sorotan masyarakat tempat mekera berlalu lalang, pasalnya 15 aktivis Ikatan pelajar muhammadiyah bengkulu melakukan aksi sebagai keprihatinan mereka terhadap pendidikan yang ada di indonesia umumnya dan di bengkulu pada khususnya. mereka mengangkat isu bahwa UN adalah Pelanggaran Hak asasi manusia ,tidak sedikit UN di jadikan sebagai lahan basah, dan dari pihak sekolah karena di tuntut untuk mencapai standarisasi Un yang yelah di tetapkan oleh pemerintah maka, segala cara akan di lakukan oleh pihak sekolah, mulai dari uang les demi peningkatan mutu siswa yang akan menhadapi Un sampai uang A dan uang B, Akhirnya si siswa yang tidak mampu akan merasa sangan berat dengan berbagai aturan tambahn dari sekolah.Tidak jarang pula guru membocorkan soal Un dll.jadi yang ada hanya pembodohan secara kolektif, mental para pelajar menurun dan mereka tidak bisa ikut berbagai aktivitas dan hanya tertuju pada sebuah kata UN.<br />
<br />
Pendidikan mahal hanya akan meneteskan air mata, air mata kemiskinan, air mata kebodohan, dan susutnya peradaba....apakah itu yang di harapakan untuk kader masa depan bangsa ini oleh tikus-tikus berdasi pemilik kekuasaan tertinggi di negri ini...(ipeh-red)Ipeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-50504258425047862352009-11-08T19:55:00.000-08:002009-11-08T19:55:56.424-08:008 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat<div class="MsoNormal" style="line-height: 150%;">1.<i>Orang fakir,</i> yaitu<span> </span>orang melarat sama sekali tidak mempunyai mata pencaharian<br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 9pt; text-indent: -9pt;">2. <i>Orang miskin, </i>yaitu orng yang melarat<span> </span>karena penghasilanya tidak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari<br />
</div><div style="line-height: 150%;">3.<i>Amil,</i> Yaitu orang-orang yang bertugas mengambil zakat dari para muzakki dan mendistribusikan kepada para mustahiq. Mereka itu adalah kelengkapan personil dan finasial untuk mengelola zakat.<br />
</div><div style="line-height: 150%;">4<i>.Muallaf</i>, Mereka itu adalah orang-orang yang sedang dilunakkan hatinya untuk memeluk Islam, atau untuk menguatkan Islamnya, atau untuk mencegah keburukan sikapnya terhadap kaum muslimin, atau mengharapkan dukungannya terhadap kaum muslimin.<br />
</div><div style="line-height: 150%;">5.<i>Riqab,</i> Zakat dapat juga digunakan untuk membebaskan orang-orang yang sedang menjadi budak, yaitu dengan:<br />
</div><ul type="disc"><li class="MsoNormal" style="line-height: 150%;">Membantu para budak mukatab, yaitu budak yang sedang menyicil pembayaran sejumlah tertentu untuk pembebasan dirinya dari majikannya agar dapat hidup merdeka. Mereka berhak mendapatkannya dari zakat.</li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: 150%;">Atau dengan membeli budak kemudian dimerdekakan</li>
</ul><div style="line-height: 150%;">Pada zaman sekarang ini, sejak penghapusan sistem perbudakan di dunia, mereka sudah tidak ada lagi. Tetapi menurut sebagian madzhab Maliki dan Hanbali, pembebasan tawanan muslim dari tangan musuh dengan uang zakat termasuk dalam bab perbudakan. Dengan demikian maka mustahik ini tetap akan ada selama masih berlangsung peperangan antara kaum muslimin dengan musuhnya.<br />
</div><div style="line-height: 150%;">6<b>.</b><strong><span style="font-weight: normal;"> <i>Gharimin </i>(orang berhutang</span>)</strong><br />
</div><div style="line-height: 150%; margin-left: 36pt; text-indent: -18pt;">Al-Gharim adalah orang yang berhutang demi guna mencukupi kebutuhan hidup yang primer atau maksud lain yang sifatnya halal. Lilitan hutang demi hutang akhirnya menyebabkan orng tersebut tidak mampu lagi mengembalikanya.<br />
</div><div style="line-height: 150%;"><strong><span style="font-weight: normal;">7..<i>Fii Sabilillah</i>, yaitu sebagai bentuk usaha dan perjuangan untuk mentebarkan agama islam serta mempertahankan agama islam.<o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></strong><br />
</div><span style="font-family: "Times New Roman"; font-size: 12pt;">8..<i>Ibnu sabil,</i> yaitu orang yang sedang dalam perantauan, sedang bekal perjalananya sangat kurang</span>Ipeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-20704077447702860492009-11-06T19:46:00.000-08:002009-11-06T19:46:38.737-08:00Ngeband VS PengajianLapangan basket sedang di kerumuni ribuan mahasiswa baik laki-laki maupun perempuan.<span style="background-color: red;"> Lo emangnya ada apa? biasa lagi lapangan basket kampus rame biasanya juga gitu,</span> oh sobat yang ini mah beda dari rame biasanya, mereka lagi terpusat pada satu perhatian yaitu mereka yang lagi koar-koar di panggung sambil bergaya ala roker dan berjingkrak-jingkrak sambil membawakan lagu dalam kompetesi kali ini.<br />
Emh.....itu mah biasa kegiatan yang di beri nama PARADE BAND KAMPUS itu di adakan setiap tahun di kampus hijau ini.....jadi apa masalahnya?<br />
Ternyata minat mahasiswa di sini paling suka sama budaya ala POP( budaya populer), Band lebih gaul dan Modern yang gax tau band kampungan alias katrok..Mereka kawula muda penerus bangsa tapi di gandrungi oleh kebudayaan barat yang yang tidak ada untungya sama sekali,<br />
rugi banget waktu yang ada untuk Tilawah dan baca buku jadi raib,<br />
hal yang sia-sia sudah biasa ...waktu di korbankan untuk nongkrong berjam-jam ketimbang baca buku dan tenaga di buang begitu saja, materi di gunakan untuk beli tiket band favorite daripada untuk bersedekah...mereke hanya mencari kesenangan sesaat dan kemudian pergi dan apa yang di dapatkan dari itu semua...masih ada kerjaan yang lebih penting daripada harus nongkrongin band kamu, coba ingat tugas kuliah yang numpuk, cucian seabrek( 1 minngu gx nyuci), Belum lagi rumah berantakan dan masih banyak yang lainya yang Lebh PENTING....<br />
Berbanding terbalik dengan kondisi di Masjid pada hari jum'at yang menyelenggarakan rutinitas pengajian , yang terlihat hanya segelintir mahasiswa itupun dari aktivis kampus..seolah-olah mereka sangat enggan mendekat ke Masjid. .Loh ada apa dengan masjid, masjid tidak pernah menjaga jarak wong dia cuma benda mati , siapapun boleh mengunjungi masjid kampus hijau ini, hanya ada sesuatu yang mengganjal, dan ini perlu di klarifikasi. Masjid bukan cuman untuk mereka para aktivis kampus atau dosen2 saja atau hnya untuk orang yang beribadah( nah lo ibadah kan cakupannay luas tu:ibadah mahdhoh dan ghoiru mahdhoh) so belajar di masjid or sekedar diskusi di masjid untuk pemecahan suatu masalah kan ibadah juga)<br />
Ikut pengajian emang kadang membosankan tapi di jamin sobat semua baakal dapat yang namanya Ilmu, ya belajar itu kan kapan saja dan dimana saja....Ipeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2612928002004950410.post-87038438350562825592009-10-28T00:59:00.000-07:002009-11-06T19:50:19.523-08:00ZAKAT<span style="font-family: Arial; font-size: 12pt;">zakat memiliki banyak arti dalam kehidupan ummat manusia, terutama Islam. Zakat memiliki banyak hikmah, baik yang berkaitan dengan Allah SWT maupun hubungan sosial kemasyarakatan di antara manusia, antara lain <br />
<br />
1. Menolong, membantu, membina dan membangun kaum dhuafa yang lemah papa dengan materi sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya. Dengan kondisi tersebut mereka akan mampu melaksanakan kewajibannya terhadap Allah SWT <br />
2. Memberantas penyakit iri hati, rasa benci dan dengki dari diri orang-orang di sekitarnya berkehidupan cukup, apalagi mewah. Sedang ia sendiri tak memiliki apa-apa dan tidak ada uluran tangan dari mereka (orang kaya) kepadanya.<br />
3. Menjadi unsur penting dalam mewujudakan keseimbanagn dalam distribusi harta (sosial distribution), dan keseimbangan tanggungjawab individu dalam masyarakat<br />
4. Dapat menunjang terwujudnya sistem kemasyarakatan Islam yang berdiri atas prinsip-prinsip: Ummatn Wahidan (umat yang satu), Musawah (persamaan derajat, dan dan kewajiban), Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam) dan Takaful Ijti'ma (tanggung jawab bersama)<br />
5. Dapat mensucikan diri (pribadi) dari kotoran dosa, emurnikan jiwa (menumbuhkan akhlaq mulia menjadi murah hati, peka terhadap rasa kemanusiaan) dan mengikis sifat bakhil (kikir) serta serakah. Dengan begitu akhirnya suasana ketenangan bathin karena terbebas dari tuntutan Allah SWT dan kewajiban kemasyarakatan, akan selalu melingkupi hati.<br />
6. Zakat adalah ibadah maaliyah yang mempunyai dimensi dan fungsi sosial ekonomi atau pemerataan karunia Allah SWT dan juga merupakan perwujudan solidaritas sosial, pernyataan rasa kemanusian dan keadilan, pembuktian persaudaraan Islam, pengikat persatuan ummat dan bangsa, sebagai pengikat bathin antara golongan kaya dengan yang miskin dan sebagai penimbun jurang yang menjadi pemisah antara golongan yang kuat dengan yang lemah<br />
7. Mewujudkan tatanan masyarakat yang sejahtera dimana hubungan seseorang dengan yang lainnya menjadi rukun, damai dan harmonis yang akhirnya dapat menciptakan situasi yang tentram, aman lahir bathin. Dalam masyarakat seperti itu takkan ada lagi kekhawatiran akan hidupnya kembali bahaya komunisme 9atheis) dan paham atau ajaran yang sesat dan menyesatkan. Sebab dengan dimensi dan fungsi ganda zakat, persoalan yang dihadapi kapitalisme dan sosialisme dengan sendirinya sudah terjawab. Akhirnya sesuai dengan janji Allah SWT, akan terciptalah sebuah masyarakat yang baldatun thoyibun wa Rabbun Ghafur.</span><br />
<br />
<div class="MsoNormal"><b><span style="font-family: "Times New Roman";">Hikmah Zakat</span></b><span style="font-family: "Times New Roman";"><br />
<br />
Zakat banyak memberikan hikmah bagi umat Islam, bagi <a href="http://generyzzion.blogspot.com/2008/01/muzaki-dan-mustahik-i.html">muzaki</a> dan hartanya, <a href="http://generyzzion.blogspot.com/2008/01/muzaki-dan-mustahik-ii.html">mustahiq</a> dan masyarakat muslim lainnya, diantara hikmah zakat adalah :<br />
<!--[if !supportLineBreakNewLine]--><br />
<!--[endif]--><o:p _moz-userdefined=""></o:p></span><br />
</div><ol start="1" type="1"><li class="MsoNormal"><span style="font-family: "Times New Roman";">Sebagai instrumen syariat islam yang bersifat otoritarif kepada muzaki untuk mengeluarkan sebagian hartanya melalui <a href="http://www.pkpu.or.id/artikel.php?id=10&no=0">amil</a> yang berhak (mustahikin) yang bersifat bantuan agar dapat mengurangi beban hidupnya sampai terbebas dari problem kefakiran dan problem lainnya yang memberatkan hidupnya, seperti banyaknya utang, kesulitan dalam perjalanan, dll. Dan zakat dapat menghindari kesenjangan sosial antara kedua kelompok tersebut.<o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></li>
<li class="MsoNormal"><span style="font-family: "Times New Roman";">Sebagai pilar amal jama'i antara lainnya dengan para mujahid dan da'i yang sedang melaksanakan tugas paling utama dalam Islam sehingga merasa tenang dalam menjalankan tugasnya dan keluarga yang ditinggalkannya.<o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></li>
<li class="MsoNormal"><span style="font-family: "Times New Roman";">Membersihkan dan mengikis akhlak yang buruk, seperti penyakit kikir, egois, serakah, dll. Yang merupakan penyakit fitrah manusia sekaligus mengembangkan akhlak mulia.<o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></li>
<li class="MsoNormal"><span style="font-family: "Times New Roman";">Berfungsi sebagai alat pembersih harta dan sebagai penjagaan dari ketamakan orang jahat sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Ath Thabrani, artinya </span><i><span style="font-family: "Times New Roman";">"Jagalah harta kalian dengan membayar zakat."</span></i><span style="font-family: "Times New Roman";"><o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></li>
<li class="MsoNormal"><span style="font-family: "Times New Roman";">Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya berupa kelebihan harta.<o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></li>
<li class="MsoNormal"><span style="font-family: "Times New Roman";">Alat yang sangat sensitif untuk mengembangkan potensi umat.<o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></li>
<li class="MsoNormal"><span style="font-family: "Times New Roman";">Menambah pendapatan negara untuk melaksanakan proyek-proyek yang berguna bagi umat.<o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></li>
<li class="MsoNormal"><span style="font-family: "Times New Roman";">Untuk memberikan dukungan moral bagi orang yang baru masuk Islam sehingga merasa dihargai sebagai anggota masyarakat Islam.<o:p _moz-userdefined=""></o:p></span></li>
</ol><div class="MsoNormal"><br />
</div>Ipeh Lee Donghaehttp://www.blogger.com/profile/07258404639612462205noreply@blogger.com1